Minggu, 03 Agustus 2014

What do you think...

Not always but mostly.

Apapun yang kita pikirkan mengenai orang lain adalah sebuah pendapat, bisa benar dan bisa tidak, namanya juga pendapat. Nah kalo yang pasti benar namanya pendapatan, benar-benar kita butuhkan. Begitupun sebaliknya, apapun yang orang lain pikirkan mengenai kita juga adalah sebuah pendapat, bisa benar namun bisa juga salah. Pendapat adalah opini, apa yang ada dibenak orang lain, terhadap apapun, contoh opini nih, ketika pertama kali lu kenal orang yang pendiem, jarang ngomong, jarang senyum dan jarang bernafas apa yang ada dibenak lu? Nih orang pasti sombong! itu kesimpulan yang lu ambil dalam waktu singkat, itu pendapat atau opini lu, bisa saja itu benar tapi bisa juga salah. Bisa jadi sebenarnya nih orang gak sombong, cuma lagi mikirin gimana caranya dia bisa pulang kerumahnya di Bogor dari tempat kerjanya di Kemang, sedangkan dompetnya ilang dan dikantong cuma ada dua ribu perak plus laper karena gak sempat sarapan dirumah, mau minjem duit tapi malu karena baru kenal. Nah!

Seberapa sering lu mendengar pengakuan dari teman lu, "Eh, ternyata lu orangnya asik juga ya, gue pikir tuh dulu orang kaya lu pasti sombong.", atau "Lu bocor juga ya, gue kira ja'im banget lu!", "Waktu awal kenal lu, gue tuh sebel banget sama lu...nah pas makin lama kenal lu  kok malah benci ya?". Hahaha, contoh yang ketiga skip aja lah...jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan. Kalo salah, ngasih Tip-exnya ribet.

Opini adalah pendapat, sedangkan kenyataan adalah Fakta. Contohnya gue deh, gue sombong, belagu, egois itu opini. Tinggi gue 173 cm, itu fakta. Gue sudah beristri, itu fakta. Gue gantengnya kebangetan, itu juga fakta. Kebanyakan opini kita terbentuk karena kita sudah terbiasa 'diseragamkan' dalam cara berfikir kita, istilahnya Common framing kalo gue gak salah. Semua iklan di media cetak maupun elektronik mendeskripsikan cewek cantik tuh yang kulitnya putih, rambut panjang dan tengah malem gelantungan dipohon. Liat aja iklan pemutih kulit, kaya P*onds, C*itr*a, Bayclin. Trus kalo cewek gak putih kulitnya gak cantik gitu? Apa kabar dengan Gemala Hanafiah yang kulitnya kebakar matahari karena hobi surfingnya, Whulandary Herman yang masuk 16 besar ajang Miss Universe 2013, trus Istri gue...*maaf ya, ini gue tulis dibawah ancaman pisau dapur* *you're always beautiful dear...always the most*

Kita otomatis berpendapat orang yang make baju gamis dan bersurban adalah orang yang dekat dan selalu menjalani perintah serta menjauhi laranganNya. Orang yang bertattoo sekujur badannya plus piercing hampir tiap sentimeter wajahnya pasti pemabuk, orang gak bener dan pembuat onar. Lemme tell you some...Gue punya temen lulusan pesantren yang tingkah lakunya sopan banget, kalo ngomong kadang ada ayat atau hadist yang terselip, selalu ngajak gue shalat pas waktunya udah tiba, suaranya pas ngaji atau baca ayat suci tuh mungkin setara Mariah Carey pas nyanyi. Dan belum lama ini dia kena Sipilis! Fuck! Yes Sipilis! denger-denger kena DUA KALI malah! Kenapa? menurut lu?! Emangnya ada orang kena Sipilis gara-gara keseringan ngupil?. Di sisi lain, temen gue bikin tato pertamanya pas kelas dua SMP, dan koleksinya beragam dari segi motif sampai tema, dari yang dia bikin tato cuma bayar nasi bungkus, es teh manis plus rokok sebungkus sampe yang tatonya seharga smartphone terbaru seri S dari vendor ternama Korea lengkap menghiasi tubuhnya yang enggak gede-gede juga. Tatonya emang nyeremin, tapi kalo ngeliat dia senyum lu bisa menemukan ketulusan disana, tanpa pencitraan. Tatonya sebadan, tapi kalo ngeliat anak-anak kucing dipinggir jalan dia bawa pulang buat dirawat. Tatonya dimana-mana, tapi kalo lagi ada rejeki dia kumpulin anak-anak jalanan yang biasa mangkal di lampu merah buat diajak makan. Dia seorang Straight Edge, artinya dia tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan melakukan seks bebas. Yang pertama dan kedua gue tau banget lah, dia bener-bener gak ngelakuin itu. Yang ketiga? Gue sih positif thinking aja lah ya. Tapi gue pernah nanya hal ini pada satu kesempatan, kurang lebih begini ringkasan percakapan kami waktu itu. "Ya aku jujur aja sih pengen 'gituan' juga kadang-kadang, kesempatan mah ada aja mas...tau sendiri lah mas lingkungan tongkrongan begini kan ya, lagipula kan saya juga ganteng meski gak seganteng mas Pancar." *sambil nyengir*. "Terus apa yang bikin lu kuat gak 'begituan'?" selidik gue. "Gini mas, waktu ibu aku masih ada dia bilang gini, 'Setiap janji yang kamu buat ke ibu gak pernah kamu tepatin, ibu minta sekali ini lagi aja, jaga 'itu' kamu sebagaimana mestinya ya! kasih hanya ke istri kamu. Janji ya'. Gitu mas...ya udah aku akan tepatin kali ini janji aku ke Ibu."  Meskipun ya tidak selalu begitu sihhh, jangan digeneralisirlah, banyak banget yang religius dan bener-bener menerapkan ajaran agamanya dalam tiap sendi kehidupannya. Banyak juga yang bertattoo dan emang bangsat.

Menghakimi selalu jauh lebih mudah dibandingkan memahami.

Apapun opini orang yang bikin lu jauh lebih baik, ambil. Kalo enggak, tinggal! Hidup terlalu singkat untuk dihabiskan dengan menjadi orang lain dan terombang-ambing oleh opini orang lain.