Rabu, 30 Juli 2014

Nyampe duluan.

Achtung! Storm will coming.

Sore ini, jam di Smartphone Blekberi keluaran terbaru di lima tahun yang lalu punya gue menunjukkan angka 17.15, gue udah ditempat parkir sejak 5 menit yang lalu, tertegun memandang keluar...gelap banget! Kaya udah ba’da Isya aja, langit tertutup segerombolan awan hitam pekat yang sangat tebal, beriringan dan berdesak-desakan kaya calon penumpang bis Transjakarta di halte pas jam pulang kantor. Sepertinya sebentar lagi akan turun hujan yang super deres nih. “Hmmmmm...hujan bisa turun kapan aja tanpa pemberitahuan kaya naiknya harga-harga kebutuhan pokok menjelang lebaran.” Pikir gue. Trus gue buka bagasi motor, gue keluarin sendal jepit, jas ujan, tikar dan rantang penuh makanan. Ayo kita piknik! Hehehe...enggak ding, gue keluarin sendal jepit sama jas ujan trus buru-buru gue pake, sepatu gue copot ganti sendal, selain males sepatu gue basah keujanan karena itu sepatu satu-satunya yang gue punya, gue juga pengen jempol kaki gue main ujan-ujanan setelah seharian dibungkus kaos kaki dan sepatu kulit, kulit imitasi sih. Ngasih nafas dikitlah...

Motor udah nyala, sekali tarik gas motor udah di depan posnya tukang parkir, kasih karcis parkir dan uang pas buat bayar parkir, tapi kok gak dikasih kembalian ya sama tukang parkirnya? Biarin deh, itung-itung amal. Dalam sekejap setelah keluar dari tempat parkir gue sudah berada ditengah padatnya lalu lintas sore ini, berharap jalanan lancar di Jum’at sore pas bubaran kantor seperti mengharapkan harga elpiji 12 kg yang udah naik diturunkan lagi harganya oleh pemerintah. Menjelang Maghrib didepan Balai Kartini para penunggang motor mencari celah diantara mobil pribadi dan angkutan umum yang udah lebih dulu diam terjebak macet, pengemudi mobil pribadi berkutat dengan smartphonenya sedangkan penumpang Kopaja atau Metromini berkutat dengan apapun yang bisa digunakan untuk mengusir panas dan pengap didalam angkutan yang padat. Ada yang make tablet 10 inch ‘made in China’ buat kipas-kipas tuh. Seandainya ada produsen handphone yang membenamkan fitur Kipas Angin atau AC kedalam produk buatannya bisa jadi itu akan menjadi handphone terlaris sepanjang masa yang pernah dibuat atau setidaknya mengalahkan penjualan handphone dengan fitur built in TV plus antena.

Lampu hijau di perapatan Kuningan menyala, kendaraan mulai bergerak walau lambat diiringi bunyi klakson dengan bermacam-macam nada, belum jauh meninggalkan traffic light  tiba-tiba hujan turun sangat deras seolah-olah besok dia gak boleh lagi turun membasahi Bumi oleh sang Maha Pencipta. Belakangan ini Hujan yang turun mengguyur Jakarta benar-benar deras banget, gue yang make helm berasa kaya ditimpukin make kerikil, kaca helm aja sampe ngeluarin bunyi ‘kletuk...kletuk’ tiap beradu dengan butiran-butiran air hujan yang turun. Kebayang kalo gue gak make helm terus dihajar ribuan tetes air hujan saat itu...migrain gue gak bakal pernah kambuh lagi kayanya. Hujan turun sangat deras dan untungnya gue udah ganteng make jas ujan plus sendal jepit, gue sempat memperhatikan banyak banget pengendara motor yang buru-buru minggir mencari tempat berteduh biar gak basah kuyup sore-sore, ada juga yang berteduh lalu memasang jas ujan yang sebelumnya tersimpan rapi di bagasi motornya. Eh, tapi ada juga lho beberapa pengemudi mobil yang mengemudikan mobilnya ke pinggir, kayanya sih mereka jarang-jarang bawa mobil atau baru punya mobil sampe naluri pemotor yang ujan turun langsung minggir masih melekat kuat dibenak mereka, mudah-mudahan gak ada yang make jas ujan sambil nyetir, apalagi sekalian make helm...jalanan mendadak lengang, seolah-olah bumi menelan hampir semua penunggang motor sore itu, hujannya memang deras banget, jarak pandang menjadi sangat terbatas, gue nyalain lampu jauh sekalian aktif nyalain lampu sign tiap mau belok meski ntar 150 meter lagi beloknya, gue ngintip ke speedometer, 50 km/jam! Jum’at sore pas bubaran jam kantor pada hari kerja di jalan Gatot Subroto sebelum perapatan Pancoran lari 50 km/jam belom tentu terjadi setahun sekali! *syukuran* *potong tumpeng*

Perapatan Pancoran, Perdatam, Pertigaan Kalibata...lancar jaya! Sepanjang jalan raya Pasar Minggu gue sama sekali gak sekalipun menarik tuas rem! Seolah-olah semua traffic light kompakan menyala hijau. Sesekali melirik kepinggir jalan, terlihat beberapa orang berteduh diemperan toko sambil memeluk helm dengan mesranya, jomblo kayanya sih. Ada juga beberapa yang berteduh menggunakan jas ujan tapi mungkin gak berani menerjang ujan sederas ini, atau jas ujannya kalo dipake menerobos ujan deras garansi dari toko jadi hilang? Entahlah. Ujannya benar-benar deras, jaket dan jas ujan yang cukup tebal membungkus badan gue yang atletis ini seakan tiada berguna mengurangi dampak hantaman butiran-butiran air hujan, pedih. Sempat terpikir untuk minggir sebentar sambil nge-bakso menikmati hujan, tapi kalo hujannya berhenti ribuan orang pasti akan segera memadati jalan yang gak lebar-lebar amat ini, dan macet akan terjadi dalam hitungan menit. Males! Terjebak macet kadang lebih perih daripada terjebak masa lalu. Gas terus aja lah, brrrrmmmmm....

Terpaksa mengendorkan gas dan sedikit menarik tuas rem kala mulai memasuki terowongan Pasar Minggu, apa sebutannya sih terowongan itu? Underpass? Yang pasti sih bukan underwear lah ya. Beuh! Banyak banget yang neduh di terowongan, kalo ditarikin dua ribu permotor sih bisa buat beli Jazz tuh! Honda Jazz? Bukan! Jazz hujan. Suka bingung gue sama orang yang kemana-mana naik motor tapi gak pernah mau bawa jas hujan dengan alasan gak mau repot, giliran hujan aja ngerepotin orang lain, markirin motor dipinggir sampe hampir ketengah jalan dan akhirnya sukses bikin macet, mendingan neduh sekalian parkirin tuh motor ditengah rel KRL gih! Dah ah ngomel-ngomelnya.

Selepas terowongan perjalanan kembali lancar jaya, pantengin gas dan fokus menatap kedepan, tetap konsentrasi. Jalanan memang sepi banget tapi bukan berarti gue satu-satunya yang ada dijalanan, lagi pula jalanan di Jakarta tuh sama kaya kehidupan, gak pernah mulus! Ada banyak lubang, gundukan jalan hasil penutupan galian yang dikerjakan asal-asalan serta kerikil-kerikil yang bisa membahayakan, belum lagi pas hujan banyak lubang yang tertutup air, menghajar lubang yang cukup dalam bisa bikin pengendara motor tiba-tiba ‘tiduran’ di aspal, oleh karena itu waspadalah...waspadalah!

Singkat cerita, belok kanan trus belok kiri, lewatin tanjakan trus turunan, juga perapatan dan pertigaan, maka tibalah gue didepan rumah, hujannya masih sederas saat ia pertama turun tadi. Gue pencet klakson biar dibukain pagar, sekali, dua kali, tiga kali. Kok gak ada yang bukain ya? Eh, sejak kapan rumah gue ada pagarnya? Ya Allah...ini bukan rumah gue, maklum lah ini gara-gara jarak pandang yang terbatas. Ngegas motor lagi sebentar, sampe deh dirumah gue tercinta, baru saja motor masuk teras rumah tiba-tiba pintu terbuka dan terdengar suara cempreng yang gue hafal banget dan ngangenin. “Ayyyaaaaaahhhh.....” teriak Alden anak pertama gue, setelah buka jas ujan dan mendekati pintu lalu “Assalamualaikum...” gue dijawab “Waikum Cayyaaaamm...” oleh si Cantik yang belum genap tiga tahun usianya sambil kedua tangannya memeluk paha gue, tiba-tiba mata gue memandang jam dinding yang berada di dinding, karena kalau ada ditangan namanya jam tangan. Baru jam 6:15?! Gue ambil hape dikantong, jam 6:17!


Dari Mega Kuningan ke Depok yang biasanya menghabiskan waktu hampir dua jam, ya dua jam kurang lah ya...kurang dua menit. Hari ini cukup ditempuh hanya dengan 50 menitan saja! Hmmmm....memang benar kata mbah gue, kalo kita sudah siap dan berani maka kita akan nyampe duluan ke tujuan.